Home » , , , » Teknik Khusus Agar Amarilis dapat Berbunga setiap Bulan

Teknik Khusus Agar Amarilis dapat Berbunga setiap Bulan

Written By andi on Jumat, 01 Mei 2015 | 06.19

Teknik Khusus Agar Amarilis dapat Berbunga setiap Bulan - Meski amarilis berasal dari daerah tropis, tetapi untuk membungakan cukup sulit. Tanaman itu akan menghasilkan bunga bagus bila ditanam di tempat dengan temperatur ideal 20-25’C. Amarilis merupakan tanaman berumbi, sehingga perlu perlakuan khusus. Umbi itu harus dipaksa dorman (istirahat-red) selama beberapa minggu. Caranya dengan mendinginkan umbi di lemari pendingin bersuhu sekitar 8-12’C. Lamanya 6-8 minggu.
 
Sebelum didinginkan, pangkas semua daun. Ini untuk menghindari terjadinya transpirasi. Hindari meletakkan apel di ruang sama, karena gas yang dikeluarkan bisa berakibat umbi “mandul”. Bilamana terpaksa, letakkan umbi di rak sayuran tertutup.
 
Air Seperlunya
Sekitar 6-8 minggu kemudian, keluarkan umbi dari lemari pendingin dan siap dibungakan. Ada 2 jenis media yang digunakan yaitu tanah atau substrat (soilless). Untuk media pertama (tanah-red), gunakan campuran kompos dan perlit dengan perbandingan 1:1. Tujuannya agar air mudah mengalir.
Media kedua, gunakan campuran cocopeat dengan hydroton (tanah liat bakar). Kedua bahan itu dipilih lantaran lebih bersih. Setelah siap, tanam umbi sebatas leher. Jadi bagian atas umbi (bekas daun yang sudah mengering) masih kelihatan. Selanjutnya siram media dengan air secukupnya. Jangan airi terlalu banyak, yang penting media tanam lembap.
 
Tunggu selama beberapa waktu sampai daun muncul. Bila media tanam mengering tetapi daun belum tumbuh, ulangi penyiraman. Saat daun muncul, lakukan penyiraman secara rutin dan hati-hati. Jangan diguyur sekaligus, tetapi secara bertahap ditingkatkan volumenya.
 
Karena amarilis menyukai media agak kering, lakukan penyiraman sesuai kebutuhan. Artinya, penyiraman baru dilakukan saat media mulai mengering di bagian dalam atau bawah. Bila menggunakan media tanam tanpa tanah, gunakan nutrisi khusus hidroponik. Setelah 4-6 minggu, amarilis mulai berbunga. Bunganya relatif besar dan tahan lama, sekitar 5-10 hari per tangkai. Bahkan beberapa umbi bisa menghasilkan 2 tangkai dalam satu umbi.
 
Membungakan Lagi
Setelah bunga habis, jangan buang umbi sebab dapat dibungakan lagi. Caranya, biarkan tangkai selama beberapa hari. Kemudian potong sampai tersisa 2 cm. Biarkan daun tumbuh. Siram amarilis secara rutin selama beberapa minggu. Selanjutnya umbi diangkat dari media dan daun dipangkas. Simpan umbi di lemari pendingin. Perlakuan itu sebagai langkah awal untuk membungakan lagi.
 
Bila ingin menikmati bunga secara terus-menerus, waktu tanam umbi dapat diatur. Misalnya dengan interval setiap 2 minggu. Dengan demikian, sebelum satu selesai berbunga, pohon lain sudah mengeluarkan tangkai bunga. Sebaiknya siapkan tiang penyangga agar daun dan tangkai tidak roboh. Umumnya daun dan tangkai amarilis bisa mencapai tinggi 60-80 cm.
 
Terkadang umbi yang sudah dorman masih belum siap berbunga. Kasus itu terjadi terutama bila umbi masih kecil. Bila demikian, biarkan tanaman tumbuh terus selama beberapa minggu. Tunggu umbi sampai ukuran cukup besar dan siap dibungakan.
 
Ref: https://kebunbibit.id
Share this article :
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Abu Garden - All Rights Reserved
Responsive by Mas Yadi Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger